Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

RSS

MATA PUN BISA TERSERANG STOKE


S
troke tak hanya terjadi pada otak. Hal yang sama bisa dialami oleh mata. Bila stroke yang dialami pada otak terjadi karena adanya sumbatan pembuluh darah otak yang menyebabkan kelumpuhan sebagian anggota tubuh, maka stroke mata terjadi karena adanya hambatan suplai darah ke otak.

Umumnya, sumbatan arteri retina pusat akan menimbulkan dampak yang buruk pada penglihatan. Ini berbeda dengan sumbatan arteri retina cabang yang masih ada kemungkinan membaik, seperti dijelaskan oleh dr. Ari Djatikusmo, Sp.M, dari Departemen Mata Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM)/Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI). Ada stroke mata yang dapat disembuhkan, tapi ada pula yang sulit diselamatkan. Stroke mata terjadi akibat sumbatan mendadak pada pembuluh darah arteri dan vena, serta terjadi gangguan aliran darah mendadak pada lapisan dalam retina. Sumbatan tersebut biasanya dating secara mendadak ditandai adanya gangguan penglihatan yang sifatnya tiba-tiba. Penglihatan mendadak menjadi kabur (buram). Sumbatan arteri retina bisa terjadi pada arteri pusat, bisa juga terjadi pada arteri cabang.

Mengingat akibatnya yang sangat serius, stroke mata tidak bisa dianggap remeh. Penanganan yang cepat sangat diperlukan. Begitu gejala awal berupa penglihatan mendadak buram, penderita harus secepatnya memeriksakan diri kedokter untuk mendpatkan pertolongan medis. 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar